SILABUS
1. Mata Kuliah
|
:
|
Mutu Layanan
Kebidanan
|
2. Penanggung Jawab
dan
Tim Pengajar
|
:
|
1. THERESIA
YULIATI (Pj)
2. NETTI
|
3. Nama Jurusan/
Poltekkes
|
:
|
Jurusan
Kebidanan Prodi Kebidanan STIKes Elisabeth Medan
|
4. Identitas Mata
Kuliah
|
:
|
Kode MK. Bd. 404, Beban
Studi 2 sks ( 1T dan 1P), Penempatan Semester V Kelas Reguler A,B
Tahun Akademik 2012/2013
|
5. DESKRIPSI MATA
KULIAH
Mata kuliah ini memberikan kemampuan untuk
mengidentifikasi masalah, merencanakan tindakan, melaksanakan pemecahan
masalah, memelihara dan meningkatkan mutu pelayanan kebidanan dengan pokok
bahasan konsep dasar mutu pelayanan kesehatan khususnya kebidanan, faktor yang
mempengaruhi, standar mutu, indikator dan penilaian mutu pelayanan kebidanan
6. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa diharapkan
mampu :
1. Memahami dan
menjelaskan konsep dasar mutu pelayanan kesehatan
2. Memahami dan
menjelaskan konsep dasar mutu pelayanan kebidanan
3. Memahami dan
menjelaskan faktor yang mempengaruhi mutu pelayanan
kebidanan
4. Mengidentifikasi
dan merumuskan masalah
mutu pelayanan kebidanan
5. Merencanakan dan
melaksanakan mutu pelayanan kebidanan
6. Memahami dan
menjelaskan standar dan indikator mutu pelayanan kebidanan
7. Melaksanakan
penilaian mutu pelayanan kebidanan dengan PDCA
7. GARIS BESAR MATERI
PEMBELAJARAN
1. Konsep dasar
mutu pelayanan kesehatan
2. Konsep dasar
mutu pelayanan kebidanan
3. Faktor yang mempengaruhi
mutu pelayanan kebidanan
4. Peran IBI dalam
menjaga mutu pelayanan kebidanan
5. Standar mutu
pelayanan kebidanan
6. Indikator mutu
pelayanan kebidanan
7. Penilaian mutu
pelayanan kebidanan dengan PDCA
8. URAIAN BEBAN STUDI
Beban studi mata
kuliah mutu pelayanan kebidanan : 2 SKS ( T : 1 dan P : 1 )
Untuk beban 1
SKS Teori =
1 x 1 x 16 mgg = 16 jam
Untuk beban 1 SKS
Praktika/ Lab =
1 x 2 x 16 mgg = 32 jam
Jumlah
jam keseluruhan = 48 jam
9. WAKTU PELAKSANAAN
Proses pembelajaran mata kuliah ini dimulai pada
tangal 6 Agustus 2012
Terdiri dari 2 pertemuan/ minggu. Setiap pertemuan
terdiri dari 2 - 3 jam sudah termasuk teori dan praktik.
10. STRATEGI
PEMBELAJARAN
a. Strategi
Pembelajaran Teori :
Proses pembelajaran mata kuliah ini meliputi teori
dengan metode ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok, membuat makalah dan
presentasi kelompok.
b. Strategi
Pembelajaran Praktik :
Sedangakan untuk praktik menggunakan metode role play, latihan,
studi kasus dan laporan,
dan presentasi yang pada pelaksanaannya ada yang bersamaan dengan jam teori,
namun waktunya berbeda.
11. METODA EVALUASI
a. Teori :
1. Ujian tengah
semester :
2. Makalah
kelompok :
3. Ujian akhir semester :
b. Praktik
:
1. Kegiatan diskusi
kelompok :
2. Laporan kelompok :
3. Presentasi &
diskusi :
c. Nilai Akhir = Nilai Teori + Nilai
Praktik
2
12. BUKU SUMBER
a. Buku Utama :
1) Fandy Tjiptono (2002). Total Quality Manajemen. Jakarta.
2) Wiyono, Dj. (2002). Manajemen mutu pelayanan kesehatan. Jakarta.
3) Dep Kes RI (2001).
Standar Pelayanan Kebidanan. Jakarta.
b. Buku Anjuran :
1) Dep Kes RI (1999).
Program jaminan mutu, Dirjen Binkesmas , Jakarta.
2) Dep Kes RI (2001). Quality Assurance. Jakarta.
metode evaluasinya kok ga dibuat persenanya suster????????????
BalasHapusiya sr..
BalasHapuskoq kosong di metode evaluasinya????
eVaLuaSi ?
BalasHapusevaluasinya mana suster??
BalasHapussuster...
BalasHapusmateri untuk nifas ny kog gag ada ???
metode evaluasi ia mana sr????
BalasHapusmetode ia mana suster
BalasHapusmeTode evaLUasi na KOk gag ada penilaian na Sr..??
BalasHapusmetode ia mana suster?
BalasHapussama juga lah susterrrrrrrrrrr,,,,,,
BalasHapusmetode evaluasinya koq kosong suster???
he..he..
maksai ya suster silabusnya
BalasHapushahahaha..
BalasHapusaku ikut " jha ster..
asal g ikut kejurang jha ...hahahaha
metode evaluasinya kok g da suster?? :D
Makasih ya suster silabu ya suster.....
BalasHapus:)
makasih yeah sr, ataz silabuznya
BalasHapusto : all ( yg bertanya soal metode evaluasi )
BalasHapusmgkn mksud sster virgin itu sdh tertulis dstu tp ssh untuk di mengerti. itukn dh tertulis a. Teori :
1. Ujian tengah semester :
2. Makalah kelompok :
3. Ujian akhir semester :
b. Praktik :
1. Kegiatan diskusi kelompok :
2. Laporan kelompok :
3. Presentasi & diskusi :
itulah cara sster mengevaluasi kita... metode evaluasinya dengan teori dan praktek kyk yg dh trtulis diatas ntu......
hehehe,,,,iya kn sster????
makasi suster
BalasHapus